Senin, 11 September 2017

Analisa iklan produk "Nollan's Cheddar"

       Edisi ngampus kali ini akan menganalisa sebuah iklan komersial dari produk "Nollan's Cheddar", Artikel ini di buat dimaksudkan untuk memenuhi tugas dari kampus saya di universitas Mercubuana tepatnya mata kuliah "Audio Visual". Di postingan ini nanti akan di bahas beberapa point-point penting yang terkandung dalam sebuah iklan komersial, iklan komersial yang di pilih penulis ini tentunya sangat menarik sekali untuk di analisa karena iklan ini memberikan yang berbeda dari pada iklan komersial pada umumnya yang cenderung kebanyakan membosankan, mau tau iklan apa itu ? silakan lihat video di bawah ini terlebih dahulu




bagaimana? lucu kan iklanya ? sebelum kita menganalisa iklan ini saya akan bercerita sedikit , iklan ini sebenarnya sudah sangat lama sekali ,  pertama kali saya melihat iklan pada tahun 2011 saat masih duduk di bangku SMK dan sampai sekarang saya sudah duduk di bangku kuliah  saya masih sangat ingat sekali dengan iklan ini.  iklan ini berhasil dalam menyampaikan pesannya untuk itulah saya menyukai iklan ini , 

tak perlu panjang lebar, yuk kita mulai menganalisa iklan ini . 

1. Untuk apa beriklan ? 

    beriklan adalah suatu cara untuk memasarkan suatu produk atau jasa , dengan beriklan di harapkan meningkatnya  brand awareness Audience/Konsumen terhadap suatu produk, dalam kasus ini adalah produk "Nollan's Cheddar" . Dengan meningkatnya Brand Awareness maka produk tersebut akan terkenal dan otomatis penjualan juga akan meningkat 

2.  Siapa Target Audiencenya ? 

   Target  Audience/ target konsumen untuk produk ini adalah di mulai dari umur antara 5 tahun sampai tak terbatas, karena semua orang bisa makan keju dan keju adalah makanan yang menyehatkan 

3. Bagaimana Perilakunya ?

   Perilakunya adalah impian, mengapa impian? karena dengan mengkonsumsi keju ini konsumen berharap setelah mengkonsumsi keju ini dapat menjadi sehat, dan kuat seperti yang terdapat di iklannya ,
4. Bagaimana Cara menyampaikan pesannya ?

    Cara iklan ini menyampaikan pesanya secara Hard sell karena secara langsung dan terang terangan mengiklankan produknya. 

5, Media TVC di program semacam apa ? 

   Iklan ini sangat fleksibel di tempatkan di program manapun, karena iklan produk ini juga di tujukan untuk semua kalangan sehingga fleksibel penempatanya , namun iklan ini juga berpotensi tidak di sukai oleh beberpa target audience nya karena mungkin ada beberapa persen dari keseluruhan target audience karena tidak suka dengan tikus yang mana merupakan pemeran dalam iklan ini 

6. Bagaimana perubahan yang di harapkan setelah menerima pesan ?
  
     Disini saya mempunyai dua pendapat tentang ini, yaitu iklan ini bisa memberikan perubahan yang positif  dan ngeatif terhadap target audiencenya. 

a. Perubahan positifnya adalah brand awereness meningkat , ketika target audience menyukai iklan ini maka otomatis brand awareness produk iini akan naik , karena iklan ini menarik dan dari segi cerita dan cara menyampaikan pesannya , sehingga mudah tertanam di benak konsumen, dan perubahan setelah makan keju ini di harapkan dapat menjadi kuat dan sehat 

b. Perubahan negatifnya adalah bagi target audience yang mempunyai phobia dengan tikus atau memang jijik melihat tikus akan dengan otomatis tidak menyukai iklan ini yang juga akan berdampak pada produk   "Nollan's Cheddar" tidak di sukai atau malah di tinggalkan , dan bisa juga timbul salah persepsi di benak konsumen seperti menganggap keju ini di tujukan untuk tikus bukan untuk manusia.

     Sekian artikel kali ini semoga artikel ini bermanfaat dan mudah di pahami pembaca , terimakasi sudah meluangkan waktu  untuk membaca blog edisi ngampus ini . sampai jumpa di artikel selanjutnya, dan jangan lupa tinggalkan komentar , kritik dan saran untuk blog ini ya agar menjadi lebih baik lagi , 
              





Tidak ada komentar:

Posting Komentar